EASE ~ PART 4

10/21/2013 06:22:00 PM Hikari 0 Comments

Tanggal 18 Agustus 2013, gue tiba-tiba merasa risih dengan rambut gue yang udah nggak karuan. Gue akhirnya potong rambut dengan membawa koper gede dan dibonceng mama gue buat ke salon. Lucu juga sih. Salon-salon yang gue kunjungin lagi penuh-penuh. Akhirnya gue berhenti dan menunggu di satu salon yang bercat kuning selama 2 jam. Akhirnya, hasilnya lucu sekali.

Gue pun nginep bareng-bareng sama temen gue biar cepet berangkatnya. Gue berangkat tanggal 19 Agustus 2013 Pk 04.00 . Dengan pulas, gue tidurnya di mobil bukan pas nginep. haha.

Tanggal 19 Agustus 2013
Asik, akhirnya sampai di tujuan. BALI. Waktu itu gue dengan yang lain sampe di Bali lebih cepat daripada teman-teman Jepang. Akhirnya, kita nunggu mereka di Bandara sambil main kartu, ngobrol-ngobrol dan tentunya makan yang banyak.

Setelah agak lama, akhirnya mereka sampai dan kita sambut dengan tulisan gede "Welcome to Indonesia, KGU." Mereka terharu gitu deh. Akhirnya, kita dengan cepat langsung mencari parner (hal yang wajib di EASE untuk punya rekan sekerja selama program dan nggak bisa pilih-pilih sendiri kecuali kalau ada kesepakatan). Gue sampai salah punya partner gara-gara gue bingung sama namanya. Hahaha. Oh ya, ternyata first partner gue adalah Yone. Gue masih kaku dan diem. Gue bingung mau nanya apa. Susah untuk membuka pembicaraan duluan tapi akhirnya gue bisa ngobrol juga.
Sorenya, kita makan di sebuah restoran yang isinya khas makanan bali. Tempatnya gak jauh dari hotel. Mulailah kita melakukan hal-hal yang cukup bikin hilangin stres. Ketawa bareng, lomba makan sate khas Bali. Wahahaha.

Tanggal 20 Agustus 2013.
 Wuh. Lagi-lagi bangun pagi banget. Gue dengan yang lainnya check out dari hotel dan langsung menuju Bandara Ngurah Rai. Ini kali pertamanya gue masuk Bandara Ngurah Rai dan di bagian Internasionalnya. Keren sih dan cukup membingungkan juga jalannya. Hehehe. Selama beberapa jam kita nunggu buat naik ke dalam pesawat. Selagi nunggu, gue juga jalan-jalan dulu sekitar gedung sambil lihat-lihat banyak barang yang dijual di situ. Gue waktu itu jalan sama  Bapak Ketua Suku gue yaitu si Refa. Lumayan buat isi waktu luang. Hohoho. Nggak jauh kami jalan, kami ketemu sama Tono chan. Dia duduk di lantai dekat tembok peta dunia yang ada di pertigaan dalam gedung. Dia duduk dengan serius sambil memandang kamus elektroniknya dan buku tulisnya. Ternyata dia lagi mempersiapkan Pidato buat Opening Ceremony di Timor Leste. Akhirnya kami godain sebentar, lalu kami jalan lagi. Sampai pada tempat Wine. Biasalah, si pecinta minuman itu....tertarik buat masuk dan gue juga tertarik buat lihat-lihat. Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, satu botol dibeli juga sama Refa. Selanjutnya, kami kembali dan akhirnya masuk pesawat. Dua jam-an akhirnya sampai di Timor Leste. Pertama kali keluar pesawat gue langsung kaget sama cuacanya. Panas banget. Gue dengan yang lain langsung disambut dengan baik oleh teman-teman dari Timor Leste. Kita semua masing-masing dapat selendang. Keren banget! Kita juga langsung dapat partner masing-masing. Gue inget banget partner pertama gue dari teman Timor Leste adalah Janu. ^_^ . Kita langsung masuk mobil dan menuju tempat penginapan. Namanya Hotel & Apartement Timor Plaza. Gue nggak nyangka bakalan dapet tempat sebagus itu. Roomate gue juga asik-asik. Hehei. Kita langsung buru-buru pakai pakaian adat masing-masing dan menuju UNTL buat opening ceremony dan selanjutnya kita dinner bareng orang-orang penting dari Timor Leste juga di restoran di satu gedung yang sama di Timor Plaza. Gue berasa makan malam romantis bareng-bareng. Halah. Setelah itu, penampilan budaya dari masing-masing Negara. Dari Indonesia Cuma menampilkan Medley Nusantara waktu itu. Oh ya, di saat itu juga, kita kasih kejutan ultah buat riandi.

Tanggal 21 Agustus 2013.
Hari berikutnya adalah kuliah tamu dari Kementrian Wisata. Lalu dilanjutkan dengan jalan-jalan di sekitar UNTL dan masuk museum sejarah Timor Leste. Lalu, ini merupakan perjalanan hebat. Jalan-jalan ke Los Palos pakai perahu pribadi. Sudah lama nggak lewat laut dan jadi ada kesan tersendiri buat gue. 7 jam kami dalam perjalanan menuju Los Palos. Waktu itu ombaknya memang cukup kencang tapi jadi seru. Okelah, gue di situ memulai gombalan gue lagi. Hahai. Lalu kita nonton bareng, tidur bareng di kapal, ketawa-ketawa bareng, foto-foto. Paling lucu adalah foto-foto teman yang lagi pada tidur. Ada-ada aja uniknya. Hahaha. Oh ya, di situ hati gue juga sedikit goyang kayak ombak yang lagi gue laluin ini. Kenceng! Wakakakak. Umm, karena gue kalamaan kena angin laut, akhirnya gue juga memilih tidur di bawah. Ada beberapa tempat tidur kecil di bawah dan cukup nyaman walau badan gue kebanting-banting ombak. Tapi pada akhirnya, gue masuk tahap mimpi dan gue mimpiin pacar gue udah sampe di Los Palos (Padahal gue juga nggak tau bentuknya Los Palos kayak apa) dan gue dijemput pakai motor habis itu nggak tau lagi mimpi apa. Sesampainya di Los Palos, kami makan malam dan dilanjutkan dengan presentasi kelompok dari Timor Leste. Setelah itu, tidur.

Tanggal 22 Agustus 2013.
Asiknya menikmati perjalanan panjang. Pagi-pagi kita berangkat lagi dan ini menuju Jaco Island (Pulau yang gue denger punya cukup cerita mistis). Sampai di Jaco Island, kita nggak turun, tapi Cuma liat dari jauh. Setelah itu kita langsung balik ke dili lagi. Yak, makan waktu banyak lagi. Kita sampai di Dili telat dan kita langsung di bawa ke Hotel Timor yang lain untuk dinner dan closing ceremony. Semua berjalan dengan indah dan seru. Kita menari bareng dan nyanyi bareng.