EASE ~ PART 3

9/16/2013 07:49:00 AM Hikari 1 Comments



                Di part ini, gue bakal cerita tentang pengalaman-pengalaman gue pas pertama kali ikut EASE. Gue ikut EASE itu sebenarnya dengan kegalauan yang besar banget. Flashback sedikit. Sebelum gue ikut EASE. Gue itu pernah ikut tes untuk pertukaran pelajar 1 tahun di Jepang dan di sela-sela gue tes, ada juga studi banding LK ke Thailand. Gue pengen banget sebenernya ikut ke Thailand, tapi karena gue udah ikut tes Jepang dan gue berpikir positif banget untuk lolos, akhirnya gue gak ikut delegasi ke Thailand. Hiks hiks. Tapi ternyata, gue pun tidak lolos untuk pertukaran pelajar 1 tahun di Jepang. Sebagai manusia yang tak luput dari kekecewaan, gue merasakan hal itu. Gue kecewa. Gue sedih. Marah. Gue juga jadi pesimis untuk yang namanya ikut-ikut hal kayak gitu.
                Pada suatu hari, gue lihat pengumuman EASE di web kampus. Gue Cuma lihat dan bilang dalam hati, “Oh. EASE, yang mahal itu. Hmm... Timor Leste? Hahahaha.”  Setelah itu, gue udah enggak buka-buka lagi. Nah, gue tiba-tiba di panggil sama dosen gue yang juga menjabat sebagai KORBIDKEM. Dia mendorong gue untuk ikut EASE.Waktu itu gue bingung, kenapa tiba-tiba bisa begitu. Cerita punya cerita, ternyata temen gue yang ikut tes pertukaran pelajar bareng gue...cerita ke dosen gue ini tentang pertukaran pelajar 1 tahun ini. Hati gue masih labil waktu dosen gue mendorong gue untuk ikut. Namun, akhirnya gue ikut dan gue isi formulir 2 hari sebelum pendaftaran ditutup. Bener-bener dadakan dan kalo boleh jujur itu adalah persiapan yang sangat enggak matang. Dalem hati setelah gue aksih formulir, gue Cuma bilang, “Terserahlah mau lolos apa enggak. Males juga berharap.” Tapi, setelah beberapa minggu kemudian, gue diwawancara dan ternyata gue LOLOS.
                Mulailah rapat perdana tanggal 7 Mei 2013 Pukul 16.00, di Kantor Internasional UKSW. Gue inget banget waktu itu gue pakai baju seragam kebesaran fakultas gue yang warna putih ijo dan teman-teman yang enggak lolos di test Jepang itu ada di EASE juga. ^^. Gue juga baru tau kalo ternyata ada adik angkatan gue yang ikut tapi, enggak lama dia malah keluar tanpa jejak. Intinya, gue mahasiswa FIK yang pertama yang ikut EASE.
                Mulai lagi dengan kegalauan yang baru. Gue punya jadwal untuk EASE hampir penuh dalam satu minggu. Senin untuk rapat, selasa-kamis-jumat-sabtu untuk latihan. Gue ikut LK di fakultas dan juga ikut KBM teater fakultas FEB. Waktu bener-bener terkuras parah. Sampai akhirnya gue merelakan LK dan KBM untuk sementara waktu sampai EASE berakhir. Gejolak diri itu ada pasti. Gue juga sebenernya baru istirahat dari pentas teater. Jadwalnya sama gilanya sama kayak EASE ini bahkan lebih parah. Nah, gue ternyata dapet jadwal yang sedemikian padat lagi. Tapi, gue akhirnya menikmatinya. Divisi-divisi yang gue kenalin di EASE PART 1 itu adalah struktur divisi yang kita punya dari Indo. Gunanya, biar koordinasi antar internal(Indo)  maupun eksternal (Jepang-Timor Leste) jadi lebih mudah. Kita punya yang namanya usaha dana (fund rasing). Di sela-sela latihan dan rapat, kita juga melakukan berbagai usaha dana seperti jual kue, jual kaos, jual jus, dan mengamen. Ini dia yang nambah hari gue. Hahahahaha.
                Dengan keputusan bersama, kita pun mengamen di Minggu kedua bulan Juni (*kalo nggak salah). Kita semua penuh semangat tapi sayang waktu itu Ka Dela sakit perut dan gak ikut bareng kita-kita. Keuntungan yang didapat juga lumayan. Ehm, lanjut lagi. Gue dan teman-teman akhirnya pulang sekitar siang menjelang sore. Oh ya, kita juga biasanya melakukan “makan bersama” setelah melakukan kegiatan rutih EASE. Itu biar kita semua tambah dekat. Begitu juga setelah mengamen, kita pasti makan bersama dulu.  Mengamen ini juga baru pertama kali gue lakukan seumur hidup gue lho, tapi asyik juga pas bareng-bareng ngamen. Nahan malu bareng, capek bareng, bergembira bareng, dan juga gila bareng.
                KONSOLIDASI. Acara ini dilakukan sebelum EASE dimulai. Gunanya, biar bisa tambah dekat, melatih kita biar nggak kaget waktu program EASE dimulai, temu kangen antar alumni EASE, dan juga tampil buat acara culture sharing di depan alumni. Acara ini seru banget. Sayang banget Cuma 2 hari 1 malam. Di sini kita bebas, tapi bebas terikat dan bertanggungjawab. Di sini kita banyak kena omelan,teguran, dan nasihat dari para alumni. Sebagai bekal kita juga sih untuk acara kita nanti. Hahahaha.

                Sekian untuk part 3. Mari kita lanjutkan ke part 4....

1 comment: